Penguatan

Penguatan yang dimaksud dalam taktik Sea Cities ini adalah penguatan sistem infrastruktur perlindungan banjir dan pertahanan laut yang ada untuk perkotaan. Penguatan dapat berupa pembangunan revetment, dyke, wave-breaker, tide-gate, hingga tanggul raksasa raksasa. Penguatan juga termasuk penerapan teknologi untuk mempertahankan proses alamiah sehingga sistem perkotaan yang sudah ada dapat terlindungi seperti melalui pemeliharaan pantai, restorasi bukit pasir dan konservasi mangrove. Meskipun penguatan ini dapat melindungi perkotaan pesisir dari ancaman ombak di laut, namun penguatan ini masih dipertanyakan keefektifannya dalam jangka panjang. Isu lingkungan yang berkembang seperti perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut yang dari tahun ke tahun tidak dapat dicegah hanya dengan penguatan ini. Maka dari itu dibutuhkan taktik-taktik lainnya.

Mengakomodasi

Mengakomodasi adalah taktik selanjutnya dalam menanggapi kenaikan muka air laut melalui penyesuaian sistem fisik dan sosial ekonomi perkotaan. Idenya adalah untuk membiasakan semua pengambil keputusan, pemangku kepentingan terkait dan khususnya orang-orang yang terkena dampak dengan fakta dan nilai baru yang diperlukan untuk hidup berdampingan dengan air.  Akomodasi dalam konsep Sea Cities menampung seluruh penduduk yang tinggal di kawasan terdampak tanpa harus melakukan relokasi atau ke kawasan lain.

Mundur

Release merupakan salah satu taktik dari konsep Sea Cities yang dibangun dengan asumsi bahwa kota tidak lagi mampu menampung tekanan kenaikan permukaan air lautTaktik ini adalah mengorbankan sebagian kawasan perkotaan dan memindahkan sistem fisik, sosial dan ekonomi ke dataran yang lebih tinggi atau jauh dari laut. Meskipun taktik ini tampak jelas, beberapa konsekuensi negatif mungkin dapat menyertai seperti peningkatan kepadatan penduduk dan perambahan wilayah tujuan, serta hilangnya arsitektur, bangunan, dan infrastruktur yang memiliki nilai historis dan budaya di lokasi yang terancam akibat kenaikan muka air laut.

Mengapung

Mengapung adalah taktik kota laut terakhir yang agak tidak biasa, karena kemungkinan akan menggeser semua sistem kota dari basis terestrial (daratan) ke akuatik (perairan).